Andiana, Sri (2017) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 04 PREFACE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 06 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 08 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK SALSA percut sei tuan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan motivasi belajar anak menggunakan metode outdoor learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan mengenai rendahnya motivasi belajar anak dan kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain post-test only control desaign. Variabel bebas adalah metode outdoor learning sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Instrument pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α= 0,05.
Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 50,03 dengan nilai tertinggi 58 dan nilai terendah 35. Nilai rata-rata pada kelas kontrol 38,10 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode outdoor learning terhadap motivasi belajar anak dan dari hasil uji-t di peroleh thitung > ttabel yaitu 11,07 > 1,693 pada taraf α= 0,05. Dengan hasil uji-t tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode outdoor learning memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar anak dibandingkan metode indoor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PAUD 007 |
Keywords: | Motivasi belajar; Metode outdoor learning; Optimalisasi perkembangan anak; Mengajar di luar kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:14 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24049 |