Keliat, Desy Lavenia (2017) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2016/ 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111014. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. NIM. 1133111014. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3. NIM. 1133111014. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 1133111014. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 1133111014. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 1133111014. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 1133111014. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 1133111014. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 1133111014. BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 1133111014. BAB V.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14. NIM. 1133111014. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Lemahnya kualitas pengajaran yang disajikan guru menyebabkan rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Big Book dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas II SD Negeri 101797 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa dengan dengan menggunakan media Big Book . Instrumen penelitian ini melalui tes membaca permulaan dan observasi. Berdasarkan dari analisis data tingkat keterampilan membaca permulaan pada pretest dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 10 siswa (33,33%) dengan rata-rata nilai 63,9 dan sebanyak 20 siswa (66,67) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 20 orang siswa (66,67%) dengan rata-rata nilai 72,8 dan sebanyak 10 siswa belum tuntas (33,33). Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 28 siswa (93,34%) dengan rata-rata nilai 80,6 dan sebanyak 2 siswa (6,66) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I 70,8 % (cukup) dan pada saat siklus II menjadi 83,33% (baik). Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh 66,07 %, dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 82,14%.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa di kelas II SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 032 |
Keywords: | Keterampilan membaca; Media pembelajaran; Media bog book; Bahasa indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 04:12 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24045 |