Br. Tarigan, Ester Emerita (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PRESENTASI POWER POINT DI KELAS V SDN 094119 KECAMATAN DOLOK SILAU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311060_COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM. 1133311060_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
3. NIM. 1133311060_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 1133311060_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
5. NIM. 1133311060_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 1133311060_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM. 1133311060_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
8. NIM. 1133311060_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 1133311060_BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM. 1133311060_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 1133311060_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah Kurangnya ketekunan belajar siswa pada pelajaran matematika, rendahnya kemampuan siswa dalam mempertahankan pendapat yang ia miliki, siswa merasa cepat bosan dalam pembelajaran matematika, guru menerapkan pembelajaran bersifat konfensional dalam pembelajaran matematika, tidak adanya media yang dianggap cocok dalam menyampaikan pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa/i 30 orang dengan jumlah laki – laki 17 orang dan 13 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Media Presentasi Power Point. Media ini dibuat dengan bantuan aplikasi Presentasi Powerpoint disampaikan berupa teks, gambar, animasi, video yang mampu memotivasi dan merangsang peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan media Presentasi Power Point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok bangun ruang. Motivasi adalah suatu kekuatan (energi) serta dorongan bagi seseorang yang dapat menimbulkan antusiasme dan perilaku tertentu dalam melaksanakan suatu kegiatan, baik yang bersumber dari dalam diri individu (motivasi intrinsik) maupun dari luar diri individu (motivasi ekstrinsik). Dari analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran Presentasi Power Point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok sifat-sifat bangun ruang di kelas V SDN 094119 Kecamatan Dolok Silau T.A 2016/2017. Observasi siswa pada Siklus I motivasi belajar siswa cukup dengan rata-rata 70,00%, Siklus II motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 93,33%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh rekan peneliti pada siklus I menghasilkan rata-rata 74,07% (Cukup), pada Siklus II meningkat menjadi 88,89% (Tinggi). Pada penyebaran angket dikondisi awal memperoleh sebanyak 3 orang siswa atau sebesar 10,00% memiliki motivasi belajar dengan kategori cukup, kategori kurang sebanyak 4 siswa dengan besar 13,33%, katergori rendah sebanyak 23 siswa dengan besar 76,67%. Pada angket siklus I diperoleh sebanyak 21 siswa dengan 70,00% memiliki motivasi cukup, 7 siswa dengan 23,33% memiliki motivasi kurang, dan 2 siswa dengan 6,67% memiliki motivasi rendah. Pada angket siklus II diperoleh sebanyak 26 siswa dengan 86,67% memiliki motivasi kategori tinggi, 1 orang siswa dengan 3,33% memiliki motivasi kategori cukup, 3 orang siswa dengan 10,00% masuk kategori motivasi kategori kurang dan tidak terdapat siswa yang memiliki motivasi rendah. Dengan demikian, penggunaan media Presentasi Power Point dapat meningkatkan motivasi belajar Matematika pada siswa kelas V di SDN 094119 Kecamatan Dolok Silau T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 035 |
Keywords: | Motivasi belajar; Media pembelajaran; Media presentasi; POwer point; Hakikat belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 03:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24037 |