Sari, Nisa Kumala (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS IV SD NEGERI 066431 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111052_COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 1133111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. NIM. 1133111052_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 1133111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1133111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
6. NIM. 1133111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7. NIM. 1133111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM. 1133111052_BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
11. NIM. 1133111052_BAB V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
12. NIM. 1133111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 066431 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem posing di SD Negeri 066431 Medan pada tahun ajaran 2016/2017. Pada test awal sebelum diberikan tindakan dari jumlah siswa sebanyak 30 orang diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 23,33% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 23 siswa dengan persentase 76,67% dan nilai rata – rata klasikal 50,83. Pada tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran problem posing diperoleh jumlah yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 63,33% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 11 siswa dengan persentase sebesar 36,67% dan nilai rata – rata klasikal 63,67. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi nilai rata – rata, jumlah siswa yang tuntas maupun dari persentase ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan signifikan hasil belajar meningkat diperoleh jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 4 siswa dengan persentase 13,33% dan nilai rata – rata klasikal yaitu 75,5. Dari perolehan tes hasil belajar pada siklus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % dari siswa yang telah mencapai nilai KKM 65. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri SD Negeri 066431 T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 054 |
Keywords: | Hasil belajar matematika; Model pembelajaran problem posing |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 03:29 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24036 |