Siswoyo (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN LAS BUSUR MANUAL TEKNIK PENGELASAN SISWA KELAS XII SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121028 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5123121028 APPROVAL SHEET .pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
3. NIM. 5123121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4. NIM. 5123121028 PREPACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 5123121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
6. NIM. 5123121028 TABLES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. NIM. 5123121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 5123121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5123121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
13. NIM. 5123121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 5123121028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar pengelasan pelat dengan pelat posisi di atas kepala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran Las Busur Manual di kelas XII TL1 SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TL1 SMK N 4 Medan, yang berjumlah 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII TL1 SMK Negeri 4 Medan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan posttest dan lembar observasi keaktifan siswa ranah afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar kognitif siklus I diperoleh 14 siswa (70%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 siswa (30%) lainnya belum tuntas. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 17 siswa (85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (15%) lainnya belum tuntas. Dengan peningkatan persentase sebesar 15%. Untuk siklus I rata-rata persentase hasil belajar afektif sebesar 67,8%. Persentase tersebut meningkat pada siklus II yaitu sebesar 84,4%. Pada hasil belajar praktek las (psikomotorik) Presentasi hasil belajar pada siklus I sebesar 74,5%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,2%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar las busur manual siswa kelas XII SMK Negeri 4 tahun ajaran 2016/2017.