Yusnita, Nurdewi (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN IPA MELALUI MODEL COURSEREVIEW HORAY DI KELAS IV SD NEGERI101797 DELI TUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311047_COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 1133311047_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
3. NIM. 1133311047_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1133311047_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 1133311047_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1133311047_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 1133311047_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 1133311047_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 1133311047_BAB I.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
13. NIM. 1133311047_BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 1133311047_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah “Apakah dengan
menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran IPA materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas
IV SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2016/2017 ?”
Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A SD Negeri 101797
Deli Tua yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan sebanyak 2
kali pertemuan yang masing-masing pertemuan beralokasi waktu 2 x 35 menit.
Dalam setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan dokumentasi.
Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa pada kondisi awal, siswa
yang berminat belajar adalah 5% dari seluruh siswa. Setelah pelaksanaan siklus I
dengan menerapkan model Course Review Horay diperoleh minat belajar siswa
menjadi 70%. Selanjutnya setelah dilaksanakan siklus II dengan menerapkan
model Course Review Horay minat belajar siswa lebih meningkat lagi menjadi 95
%. Sedangkan berdasarkan observasi siswa diperoleh informasi bahwa pada siklus
I rata-rata minat belajar siswa adalah 76,95% dari seluruh jumlah siswa dan pada
siklus II meningkat menjadi 90%.
Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran IPA materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas
IV SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 031 |
Keywords: | Minat Belajar, IPA, Sifat Benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:53 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24016 |