Simanullang, Mery (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COPERATIVE TIPE TIME TOKEN PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111043_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1133111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM. 1133111043_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM. 1133111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
5. NIM. 1133111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM. 1133111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 1133111043_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 1133111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 1133111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
10. NIM. 1133111043_BAB I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
14. NIM. 1133111043_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
15. NIM. 1133111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri
dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan
yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah
siswa/i IVB SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 25 orang dengan jumlah laki –
laki 14 orang dan 11 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan
Model pembelajaran Cooperative Tipe Time Token.. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan
siswa, angket dan juga dokumentasi.
Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket Rata-rata angket
motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 49,68% dengan kriteria motivasi rendah.
Hanya 1 orang atau 4% dari 25 orang yang termotivasi dan 24 orang atau 96%
tidak termotivasi. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah
60,68% dengan kriteria motivasi sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata
angket motivasi belajar adalah 85,23% dengan kriteria motivasi sangat tinggi.
Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan
rata-rata 58,49%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan ratarata
61,49%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata
75,37% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata
85,23%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas IVB
pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 61,60 (Baik), Pada Siklus I
pertemuan 2 meningkat menjadi 71,42 (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1
meningkat menjadi 91,96 (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat
menjadi 93,75 (Sangat Baik).
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh
peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran
Cooperative tipe Time Token dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada
Pelajaran IPS Materi Pokok Koperasi di kelas IVB SD Negeri 101771 Tembung
T.A 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 051 |
Keywords: | Motivasi, model Pembelajran, IPS |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:21 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24007 |