Pratiwi, Isnaini (2017) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 117513 PULO TARUTUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133311096 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 1133311096 LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM 1133311096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM 1133311096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM 1133311096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM 1133311096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM 1133311096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 1133311096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 1133311096 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM 1133311096 BAB V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM 1133311096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah Kecerdasan Emosional
siswa berhubungan dengan Hasil Belajar Ipa di SD Negeri 117513 Pulo Tarutung
Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri
117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di SD
Negeri 117513 Pulo Tarutung Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu
Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri
117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 orang.
Sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Variabel dalam penelitian ini ada
dua, kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai
variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi
dan angket, Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product
Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefsien korelasi, dan
uji hipotesis.
Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara parsial Kecerdasan
Emosional (X) memiliki korelasi pada kategori cukup tinggi dengan Hasil belajar
(Y) dengan nilai r 0,663 dan memiliki hubungan yang signifikan karena >
yaitu 3,863 > 2,093.
Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang erat antara
Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri
117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 030 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:16 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24006 |