Setio, Tri Abdi Manja (2017) PENGGUNAAN SOFTWARE CNC SIMULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN CNC PADA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK PUTRA ANDA BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121029 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 5123121029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM. 5123121029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4. NIM. 5123121029 PREPACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 5123121029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM. 5123121029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM. 5123121029 TABLES.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
8. NIM. 5123121029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
9. NIM. 5123121029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
13. NIM. 5123121029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. NIM. 5123121029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan software "CNC Simulator" sebagai media pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di kelas XII SMK Putra Anda Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Prosedur penelitian dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Putra Anda Binjai, berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dan tes hasil belajar. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi kelas dan membandingkan tingkat aktivitas siswa dalam setiap siklus. Data prestasi belajar diperoleh melalui tes dan dianalisis untuk membandingkan hasil tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus 1 diperoleh persentase hasil belajar siswa secara klasikal adalah 75% dan 66,2% dari aktivitas belajar siswa, serta nilai rata-rata hasil belajar siswa 73,57. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran dari yang telah diberikan pada siklus I, persentase hasil belajar siswa secara klasikal meningkatkan menjadi 82,1%. Persentase aktivitas siswa meningkat menjadi 75,5% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,82. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Software CNC Simulator dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Pemesinan CNC pada siswa kelas XII program keahlian teknik Pemesinan SMK Putra Anda Binjai tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 037 |
Keywords: | Hasil belajar; Teknik pemesinan CNC; Software CNC simulator |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:16 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24002 |