Arika, Shintya (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA KONKRET PADA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 107403 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311024_COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 1133311024_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
3. NIM. 1133311024_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
4. NIM. 1133311024_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 1133311024_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 1133311024_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 1133311024_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 1133311024_BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
12. NIM. 1133311024_BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 1133311024_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah
menggunakan media benda konkret pada mata pelajaran IPA pada materi gerak
benda di kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan
Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali
pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan test hasil belajar, sebagai tolak ukur keberhasilannya apabila hasil
belajar siswa meningkat,bila tingkat ketuntasan klasikal sebesar ≥ 80% . Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat tahun
ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 30 orang, yang terdiri dari 17 orang laki –
laki dan 13 orang perempuan.
Berdasarkan analisis data dari 30 orang siswa pada saat kondisi awal
diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 8 orang siswa 26,67 % mendapat
nilai tuntas dan sebanyak 22 orang siswa dengan persentase 73,33% mendapat
nilai belum tuntas dengan rata – rata 61,33. Pada siklus I sebanyak 19 orang siswa
dengan persentase 63,33% mendapat nilai tuntas dan sebanyak 11 orang siswa
dengan persentase 36,67% mendapat nilai belum tuntas dengan rata – rata 71,47.
Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 orang siswa
86,67 % mendapat nilai tuntas dan sebanyak 4 orang siswa 13,33% .mendapat
nilai belum tuntas dengan rata – rata 86,67.
Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa media benda konkret
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gerak
benda di kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat T.A 2016/2017. Oleh
karenanya guru perlu menerapkan media benda konkret sebagai upaya
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak benda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 064 |
Keywords: | Media, IPA, Gerak Benda |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 02:15 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23997 |