Widyastika, Dinda (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) DI KELAS V SD NEGERI NO.106163 BANDAR KLIPPA DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ULFA MAYA SARI NURZA.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
03. ABSTRAK ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
09. BAB I ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
13. BAB V ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ULFA MAYA SARI NURZA (1133311064).pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Generatif pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perkembangan teknologi produksi,komunikasi dan transportasi.
Jenis penelitian ini adalah “ Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan siklus II perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101799 Deli Tua Timur yang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Generatif untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. alat yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah motivasi belajar mengajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan dari jumlah 22 orang bahwa pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 44,81 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 60,5. Sedangkan pada silus II pertemaun I nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa yaitu 70,73 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 82,59. Jumlah siswa yang termotivasi pada setiap aspek kegiatan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. siklus I pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 1 orang dengan persentase 4,54% dan pertemuan II jumlah siswa yang termotivasi 6 orang dengan persentase 27,27%, pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 19 dengan persentase 86,36% dan pada pertemuan II jumlah siswa yang termotivasi adalag 22 orang dengan persentase 100%.
Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan meningkat jika diterapkan model pembelajaran Generatif pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 101799 Deli Tua Timur. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Generatif dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi pokok perkembangan teknologi produksi,komunikasi dan transportasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 069 |
Keywords: | Motivasi, Model Pembelajaran, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 01:59 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 01:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23994 |