Lubis, Wardatul Ashani (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 105292 BANDAR KLIPPA T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER WARDATUL ASHANI LUBIS (NIM 11333311082).pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN WARDATUL ASHANI LUBIS (NIM 11333311082).pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
03. ABSTRAK WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
05. DAFTAR ISI WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
09. BAB I WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
13. BAB V WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA WARDATUL ASHANI LUBIS (11333311082).pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dan model Problem Based Learning pada materi pokok Gaya kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa T.P. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V Semester II SD Negeri 105292 Bandar Klippa yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 42 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh yaitu seluruh anggota populasi dijadikan anggota sampel dengan kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan kelas kontrol berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal, dan instrumen yang digunakan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa adalah lembar observasi.
Hasil pengujian pretes sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 46,00 dengan standar deviasi 8,972 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 45,67 dengan standar deviasi 8,546. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Direct Instruction. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 82,19 dengan standar deviasi 9,495 dan kelas kontrol 70,29 dengan standar deviasi 8,850.
Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 02,31 dan ttabel = 1,68, sehingga thitung > ttabel (2,31 > 1,68) maka Ha diterima, dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan model pembelajaran Direct Instruction pada materi pokok Gaya kelas V SD Negeri 105292 Bandar Klippa T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 077 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Direct intruction, Model Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 01:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23992 |