Nasution, Rapikah Nur (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R DI KELAS IV SD NEGERI 108075 DELITUA BARAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER RAPIKAH NUR NASUTION (NIM. 1131111031).pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
03. ABSTRAK RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
05. DAFTAR ISI RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
09. BAB I RAPIKAH NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
13. BAB V RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA RAPIKAH NUR NASUTION ( NIM 1131111031).pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS yaitu sub pokok bahasan aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya
alam. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar siswa pada
mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question,
Read, Reflect, Recite, Review) materi pokok aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber
daya alam di kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat T.A 2016/2017.
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjk dalam penelitian
tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat yang berjumlah
23 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pelaksanaan
tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi
dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu
Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan
data kualitatif berupa observasi.
Dari observasi awal dilakukan hasil belajar siswa tergolong rendah, dari jumlah 23
orang siswa pada mata pelajaran IPS perolehan hasil nilai pretest terdapat 5 orang siswa
yang tuntas hasil belajar dengan persentase (21,74%) dan tidak tuntas 18 orang siswa
dengan persentase (78,26%) dengan nilai rata-rata klasikal siswa sebesar 50,22. Peneliti
menindak lanjuti pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey,
Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran IPS perolehan hasil siklus I
meningkat menjadi 12 orang siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase (52,17%)
dan tidak tuntas 11 orang siswa dengan persentase (47,83%) dengan nilai rata-rata klasikal
meningkat menjadi 63,26. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil belajar siswa
belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan
pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II perolehan hasil siklus II meningkat menjadi 20
orang siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase (86,950%) dan tidak tuntas 3 orang
siswa dengan persentase (13,04%) dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar
80,21.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model
pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi dan pemanfaatan
sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 084 |
Keywords: | Model Pembelajaran SQ4R, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:44 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23985 |