marbun, Inrasari (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) DI KELAS V SDN 060934 MEDAN JOHOR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111030_COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1133111030_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
3. NIM. 1133111030_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
4. NIM. 1133111030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 1133111030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM. 1133111030_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1133111030_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 1133111030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 1133111030_BAB I.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
13. NIM. 1133111030_BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 1133111030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa dengan model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite,
Review) di kelas V SDN 060934 Medan Johor T.A 2016/2017. Subjek penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 060934 Medan Johor yang berjumlah 30
siswa yang terdiri dari 16 perempuan dan 14 laki – laki.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I,
peneliti melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 siswa
diperoleh tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa sebanyak 8 siswa
(26,67%) mampu dan 22 siswa (73,33%) dinyatakan belum mampu, dengan rata –
rata 56,16. Pada siklus I sebanyak 20 siswa (69,66%) mampu dan 10 siswa
(33,33) belum mampu dengan rata – rata 69,66. Pada siklus II diperoleh tingkat
ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (86,66%) mampu dan 4 siswa (14,33%)
belum mampu dengan rata – rata nilai 80,83. Hasil observasi siswa selama proses
pembelajaran dengan model SQ4R,siklus I Pertemuan pertama 1,71 dan
pertemuan kedua 2,28, Siklus II pertemuan pertama 2,57 dan kedua 3,14.
Sedangkan hasil observasi guru saat mengajar Siklus I pertemuan pertama hanya
2,1 dan pertemuan kedua 2,6. Pada siklus II pertemuan pertama 3,1 dan
pertemuan kedua 3,4.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan model
pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat
meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia di kelas V SDN 060934 Medan Johor T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 033 |
Keywords: | Meningkatkan Kemampuan;Membaca Pemahaman; Model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:31 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23982 |