Sinaga, Riana (2017) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 060931 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111017_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 1132111017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. NIM. 1132111017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 1132111017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
5. NIM. 1132111017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 1132111017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM. 1132111017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8. NIM. 1132111017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
9. NIM. 1132111017_BAB I.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
13. NIM. 1132111017_BAB V.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
14. NIM. 1132111017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah kurangnya motivasi belajar siswa
dikarenakan kurangnya dukungan sosial orang tua, kurangnya perhatian orang tua
dalam memberi semangat siswa untuk belajar, guru yang memberi semangat
dengan kata-kata dan kurangnya bantuan orang tua secara finansial (uang) kepada
anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan
menggunakan metode korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas IV SD Negeri
060931 Medan yang berjumlah 53 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik total sampling yakni seluruh siswa kelas IV terdiri dari kelas
IV A yang berjumlah 27 siswa dan kelas IV B yang berjumlah 26 siswa. Data
tentang dukungan sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa dikumpulkan
dengan menggunakan metode angket.
Dari hasil penelitian diperoleh skor angket dukungan sosial orang tua
dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 95 sedangkan skor motivasi
belajar siswa diperoleh dalam keadaan sedang, yaitu dengan skor rata-rata 95,04.
Analisis data dilakukan dengan rumus Product Moment. Hasil penelitian yang
diperoleh menunjukkan, terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan
sosial orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas IV dengan rxy > rtabel yaitu
0,291 > 0,268 dan nilai thitung > ttabel 2,172 > 2,008. Sehingga hipotesis yang
diajukan dapat diterima dan teruji kebenarannya pada taraf α = 0,05. Sebelum
melakukan teknik analisis data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis
data yakni dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas yang dapat
diperoleh hasilnya kedua variabel berdistribusi normal (dukungan sosial orang tua
0,016 dengan taraf α = 0,05 dan juga motivasi belajar siswa memiliki nilai 0,029
dengan taraf α = 0,05), diperoleh juga kedua variabel merupakan data homogen
dengan Fhitung < Ftabel yaitu 1,11 < 4,03, dan memiliki model regresi linier sebesar
0,134 (diatas 0,05).
Dukungan sosial orang tua memiliki hubungan yang positif dan signifikan
denga motivasi belajar siswa dengan sumbangan sebesar 8,4%. Artinya semakin
tinggi dukungan sosial yang diberikan maka semakin tinggi pula motivasi belajar
siswa kelas IV SD Negeri 060931 Medan T.A 2016/201
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 081 |
Keywords: | Dukungan Sosial, Motivasi belajar, hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 04:38 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 04:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23974 |