Lubis, Vini Sartika (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 107403 CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (700kB) | Preview
03. ABSTRAK VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
05. DAFTAR ISI VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
09. BAB I VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. BAB V VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA VINI SARTIKA LUBIS ( 1133311028).pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penerapan konsep energy gerak dengan menggunakan metode Eksperimen dikelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas)dengan tindakan metode Eksperimen .Subjek dalam penelitian ini siswa kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas yaitu 30 orang siswa yang terdiri dari 20 orang siswa laki – laki dan 10 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan,Pelaksanaan Tindakan,Pengamatan,Refleksi. Intrumen yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tes dan lembar observasi.
Berdasarkan temuan hasil pretest (tes awal) yang berjumlah 30 siswa,siswa masih memiliki tingkat ketuntasan dibawah 70 ( ,siswa yang tuntas hasil belajarnya yaitu dengan nilai rata –rata 43,33 %, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (Pre Test) siswa masih tergolong belum tuntas. Dari perolehan hasil pretest tersebut,peneliti menindak lanjuti dan dan melanjutkan ke post test siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 65,87. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi penerapan konsep energy gerak berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test Siklus II , Pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 83,33 % yang berarti membuktikan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus telah mencapai ketuntasan
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi Pokok Penerapan Konsep Energi Gerak di kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada Kepala Sekolah dan guru mata pelajaran IPA untuk menggunakan metode Eksperimen dalam pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 058 |
Keywords: | Hasil Belajar, jenis Metode, Energi Gerak |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:55 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23971 |