Hutasoit, Sela Yusmiyenti (2017) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MAN Pem.Bandar T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7122142008 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 7122142008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 7122142008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM 7122142008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM 7122142008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6. NIM 7122142008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM 7122142008 TABLES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 7122142008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM 7122142008 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
13. NIM 7122142008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
14. NIM 7122142008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang apakah ada pengaruh pemanfaatan media
pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas
XII MAN Pem.Bandar T.P 2016/2017. “ Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dan
kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi kelas XII MAN
Pem.Bandar T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilakukan di MAN Pem.Bandar, kelas XII dengan jumlah
sampel 62 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan penyebaran angket. Uji validitas, reabilitas dan asumsi klasik
menggunakan program spss 20.0.
Teknik analisis data dilakukan dengan program spss 20.0 diperoleh
persamaan garis linear Y = 44,439 + 0,152 X1 + 0,336 X2. Untuk mengetahui
apakah hipotesis nomor 1 dan 2 berpengaruh maka digunakan uji t dengan taraf
signifikan 95% dan alpha 5%. Dari hasil tersebut diperoleh untuk variabel Media
Pembelajaran (X1) dengan prestasi belajar akuntansi (Y) diperoleh t hitung > t
tabel ( 2,073 > 1,671 ) dan sig. Probabilitas 0.03 < 0,05, hal ini berarti bahwa
hipotesis 1 diterima yang menjelaskan bahwa variabel media pembelajaran (X1)
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi (Y)
dan untuk kemandirian belajar (X2) dengan prestasi belaja akuntansi (Y)
diperoleh t hitung > t tabel (3,546 > 1,671 ) dan sig. Probabilitas 0,01 < 0,05 , hal
ini berarti bahwa hipotesis 2 diterima yang menjelaskan bahwa variabel
kemandirian belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
prestasi belajar akuntansi (Y). Untuk mengetahui apakah hipotesis nomor 3
berpengaruh digunakan uji F simultan, hasilnya diperoleh F hitung > F tabel
(7,218 > 3,15 ) sig. Probabilitas 0.02 < 0.05, hal ini berarti hipotesis 3 diterima
yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara
media pembelajaran (X1) dan kemandirian belajar ( X2) terhadap prestasi belajar
akuntansi (Y). Dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Dan Kemandirian
Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XII MAN
Pem.Bandar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 005 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:55 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23949 |