PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017

Sipahutar, Sutan Parhimpunan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM 7123141144 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 7123141144 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 7123141144 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
02. NIM 7123141144 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 7123141144 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03. NIM 7123141144 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 7123141144 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04. NIM 7123141144 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 7123141144 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05. NIM 7123141144 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM 7123141144 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06. NIM 7123141144 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 7123141144 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07. NIM 7123141144 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 7123141144 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08. NIM 7123141144 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 7123141144 BAB I.pdf]
Preview
Text
09. NIM 7123141144 BAB I.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 7123141144 BAB V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 7123141144 BAB V.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123141144 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123141144 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan
siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan
hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil
belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada
mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan T.P. 2016/2017. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan berjumlah 285 siswa
yang terdiri dari 6 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu
kelas XI AP 3 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen I dan kelas XI AP 5 yang
berjumlah 40 orang pada kelas Eksperimen II. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes
hasil belajar kewirausahaan dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dimana
sebelum tes ini diberikan kepada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih
dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal.
Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa
melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t pada taraf α=0,05.
Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem
Based Learning adalah nilai rata-rata pre test 53,75, dengan nilai tertinggi 80 dan terendah 20
serta standar deviasi 12,22 dan post test sebesar 80,14 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai
terendah 60 serta standar deviasi 8,58. Sedangkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah nilai rata-rata pre test
50,97 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 10 serta standar deviasi 13,98 dan post test
sebesar 75,14 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 60 serta standar deviasi 7,12. Hasil
pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,677 > 1,668 pada taraf signifikan 95%
dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan
model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan rata-rata hasil belajar
sebesar 80,14 dibandingkan hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning dengan rata-rata hasil belajar sebesar 75,14 pada mata
pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK Negeri 7 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 013
Keywords: Model Pembelajaran, Kewirausahaa, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Apr 2017 02:35
Last Modified: 12 Apr 2017 02:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23945

Actions (login required)

View Item
View Item