Lubis,, Nurul Aslinda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA SWASTA AL – HIDAYAH MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341082 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 7123341082 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
4. NIM. 7123341082 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
3. NIM. 7123341082 PREFACE.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
5. NIM. 7123341082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 7123341082 TABLES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 7123341082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 7123341082 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
9. NIM. 7123341082 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
13. NIM. 7123341082 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
14. NIM. 7123341082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di
SMA Swasta Al –Hidayah MEDAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Craetive Problem Solving dan
Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Peningkatan hasil belajar. Manfaat dari
penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi guru dan calon guru dalam
memilih model pembelajaran yang diterapkan agar siswa dapat lebih termotivasi
dalam belajar sehingga hasil belajar yang dicapai dapat maksimal.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA Swasta Al – Hidayah
MEDAN T.P 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas XI IPS yang terdiri atas 2 kelas (60 siswa). Kelas IPS2 sebagai kelas kontrol
dan kelas IPS1 sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengambilan sample yang
digunakan adalah total sample. Instrumen pengumpulan data yang digunakan
adalah tes hasil belajar melaksanakan pemanfaatan sumber belajar pada mata
pelajaran ekonomi dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 item dan angket
sebanyak 20 item.
Hasil analisa data menunjukkan data nilai rata-rata kelas eksperimen 77
dengan simpangan baku 11,34, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 71,5
dengan simpangan baku 10,6. Pengujian hipotesis dilakukan dengan rumus anava
satu jalur. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh bahwa yaitu
2,2 > 1,65. Dengan kata lain hipotesis diterima. pengaruh antara kreativitas
terhadap hasil belajar di kelas eksperimen yaitu dan
pengaruh antara pemanfaatan sumber belajar terhadap peningkatan hasil belajar di
kelas kontrol sebesar yaitu 1,92 > 1,65.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan
ada pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan Pemanfaatan
Sumber belajar terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi
SMA Swasta Al – Hidayah MEDAN T.P 2016/2017, dapat diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 012 |
Keywords: | Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Pemanfaatan Sumber Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:27 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23943 |