Tumangger, Tokmi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELLTERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN SISWA KELAS XIAP SMK PAB 3 MEDANT.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341117 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 7123341117 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
3. NIM. 7123341117 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM. 7123341117 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
5. NIM. 7123341117 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 7123341117 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 7123341117 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM. 7123341117 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
8. NIM. 7123341117 BAB I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
12. NIM. 7123341117 BAB V.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM. 7123341117 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kearsipan
siswa kelas XI AP SMK PAB 3 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Model Pembelajaran The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar
Kearsipan Siswa Kelas XI AP Di SMK PAB 3 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 3 Medan, yang beralamat di jln.
Mesjid no. 1 Medan estate, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas XI AP yang terdiri dari 2 kelas jumlah 50 orang. Teknik pengambilan
sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen kelas XI
AP1 dan kontrol kelas XI AP2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil
belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan
sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian.
Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih
dahulu SMk Swasta Karya Pendidik Balige sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan
untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran
soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu
dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji
homogenitas data.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas
XI AP1 46,6 dengan Standar Deviasi 6,87 dan nilai rata-rata postest siswa setelah
menggunakan Model Pembelajaran The learning Cell = 82 dengan standar
deviasi 9,35. Sedangkannilai rata-rata pretest siswa kelas XI AP2 47,4 dengan
Standar Deviasi 8,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah
menggunakanmenggunakan metode konvensional = 63 dengan standar deviasi
8,77. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal
(Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung < Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel(7,42 > 1,67), yang berarti hipotesis
diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 48.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran The
learning Cell meberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar
kearsipan siswa kelas XI AP di SMK PAB 3 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 ADP 014 |
Keywords: | Model pembelajaran The Learning Cell, Hasil Belajar Kearsipan. |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:24 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23941 |