juanda, Fery (2017) PENERAPAN BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA SISWA KELAS VIII SMP TERPADU AL-FARABI 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123210014_COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 6123210014_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
3. NIM. 6123210014_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4. NIM. 6123210014_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 6123210014_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
6. NIM. 6123210014_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 6123210014_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 6123210014_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 6123210014_BAB I.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
13. NIM. 6123210014_BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 6123210014_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan brain gym dalam
meningkatkan konsentrasi siswa. Manfaat penelitian ini menambah wawasan
tentangpeningkatan konsentrasi siswa melalui penerapanbrain gym.
Metode penelitian merupakan metode eksperimen dengan desain
penelitian pre eksperimental design. Instrumen penelitian menggunakan speed
anticipation. Teknik analisis data yang digunakan analis kuantitatif, dengan
menggunakan uji normalitas, uji shapiro wilk, dan uji t berpasangan.
Hasil penelitianmenunjukkan bahwa tingkat konsentrasi siswa sebelum
diberi penerapan dengan kriteria baik (0,00%), dan setelah diberi
penerapandengan kriteria baik (85,00%), meunjukkan adanyapeningkatan sebesar
85,00%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai significancy 0,000 (p <
0,05).Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh penerapan brain gym dalam
meningkatkan konsentrasi siswa. Saran bagi kepala sekolah hasil penelitian dapat
jadi acuan pengambilan keputusan belajar mengajar dan bagi guru diharapkan
dapat mengaplikasikan penerapan brain gym sebelum pembelajaran berlangsung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IKOR 006 |
Keywords: | Brain Gym, Konsentrasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 09:32 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 09:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23939 |