Harahap, Faradilla (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ELEKTRONIK DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 101801 DELI TUA KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311030_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1133311030_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
3. NIM. 1133311030_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4. NIM. 1133311030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 1133311030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM. 1133311030_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7. NIM. 1133311030_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1133311030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1133311030_BAB I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
13. NIM. 1133311030_BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 1133311030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SD No. 101801 Deli Tua dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar dengan menerapkan media elektronik di kelas V SDN 101801 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 101801 Deli Tua tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas atau 32 orang 17 perempuan 15 laki-laki. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dan format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan afektif, psikomotor siswa selama pembelajaran. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media elektronik yang dirancang atau didesain dengan baik dan terencana sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok bangun datar di kelas V SDN 101801 Deli Tua tahun ajaran 2016/2017. Rata-rata tingkat pengetahuan awal siswa pada materi bangun datar sebelum diberikan tindakan siklus (prasiklus) sebesar 51.72 dengan ketuntasan 9.4%. Setelah tindakan siklus I,diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat tingkat penguasaan siswa pada pertemuan pertama sebesar 56.41 dengan persentase ketuntasan 25% dan pertemuan kedua sebesar 69.06 dengan presentase ketuntasan 50%. Setelah tindakan siklus II, diperoleh rata-rata hasil belajar atau tingkat penguasaan siswa pada pertemuan pertama sebesar 70.12 dengan presentase ketuntasan 65.6% dan pada pertemuan kedua 81.72 dengan presentase ketuntasan 87.5%. dibandingkan siklus I, dengan presentase ketuntasan 87.5% atau terjadi peningkatan 87.5% dibandingkan siklus I. sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan media elektronik dalam proses pembelajaran matematika agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 015 |
Keywords: | Hasil belajar; Media elektronik; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:58 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23938 |