Dalimunthe, Erpina Dewi (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA KELAS V SD NEGERI 060900 MEDAN JOHOR T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111021_COVER.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2. NIM. 1133111021_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3. NIM. 1133111021_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1133111021_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
5. NIM. 1133111021_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1133111021_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 1133111021_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133111021_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 1133111021_BAB I.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
13. NIM. 1133111021_BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 1133111021_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar IPA siswa pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi Cahaya dan Sifat-sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVASD Negeri 060900 Medan Johor Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar observasi minat belajar siswa, dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan analisis data, sebelum dilakukan tindakan, hasil pemberian angket minat belajar siswa kepada 25 orang siswa sebanyak 6 orang siswa yang berminat (24%) dan 19 orang siswa yang tidak berminat (76%). Selanjutnya dilakukan tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 13 orang siswa yang berminat (52%) dan 12 orang siswa yang tidak berminat (48%). Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 28% dari keadaan awal. Kemudian dilanjutkan tindakan perbaikan pada siklus II dengan tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 22 orang siswa yang berminat (88%) dan 3 orang siswa yang tidak berminat (12%). Hal ini menunjukkan peningkatan keberhasilan yang dapat dilihat dari nilai angket awal, siklus I dan angket siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu yaitu ≥70%. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model dengan menggunakan model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) pada mata pelajaran IPA materi Cahaya dan Sifat-sifatnya di kelas VA SD Negeri 060900 Medan JohorTahun Ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 018 |
Keywords: | Minat belajar; Model pembelajaran; VAK; Ilmu pengetahuan alam; Materi pelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:33 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23934 |