Tobing, Supriadi Harianto (2017) PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DENGAN MODIFIKASI ALAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH PADA PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KARYA BHAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111087 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 6123111087 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3. NIM. 6123111087 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM. 6123111087 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 6123111087 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 6123111087 TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 6123111087 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. NIM. 6123111087 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6123111087 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
13. NIM. 6123111087 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 6123111087 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar smash bola
voli melalui penerapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat pada siswa
kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Karya Bhakti Medan. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas ( PTK ). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Karya Bhakti Medan yang
berjumlah 20 orang diantaanya tediri dari 12 siswa putra dan 8 siswa putri
Dari hasil data awal yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa
dalam melakukan smash bola voli masih rendah yaitu 5 siswa (25%) yang telah
mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (75%) belum mencapai tingkat
ketuntasan belajar. Selanjutnya diberi pembelajaran smash melalui penerapan
gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat. Hal ini berdampak pada hasil
belajar siswa. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 12 siswa (60%) yang telah
mencapai ketuntasa belajar, sedangkan 8 siswa (40%) belum mencapai ketuntasan
belajar. Dengan nilai rata rata 74,12. Pada siklus II hasil belajar smash bola voli
yaitu 17 siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan 3
siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar. Dengan nilai rata
rata 85,31. Dengan itu diperoleh peningkatan nilai rata rata dari siklus I dan siklus
II sebesar 25%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa
melalui peneapan gaya mengajar inklusi dengan modifikasi alat dapat
meningkatkan hasil belajar smash bola voli pada siswa kelas VIII SMP Swasta
Karya Bhakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-217 PJKR 042 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, hasil belajar, Permainan Bola Voly |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:14 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23928 |