Tumanggor, Alex Fernando (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAINKAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA METHODIST 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
6. NIM. 2123340003 TABLE.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM. 2123340003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
1. NIM. 2123340003 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
3. NIM. 2123340003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
2. NIM. 2123340003 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
8. NIM. 2123340003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
4. NIM. 2123340003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 2123340003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
12. NIM. 2123340003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
13. NIM. 2123340003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Keterampilan bermain pianika merupakan salah satu keterampilan yang lazim
dikuasai oleh siswa SMP khusunya, pianika merupakan bentuk miniature dari piano
atau keyboard yang dimainkan dengan cara meniup lubang suara dan menekan tuts
tertentu untuk menghasilkan berbagai macam nada dengan lagu yang dimainkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Quantum Learning
Terhadap Kemampuan Memainkan Alat Musik Pianika Pada Siswa Kelas VII SMP
Swasta Methodist 9 Tahun Ajaran 2016/2017, untuk mengetahui sarana dan prasarana
yang digunakan dalam pembelajaran instrument pianika, untuk mengetahui tingkat
keberhasilan anak dalam pembelajaran instrument pianika, untuk mengetahui kendala
yang dihadapi dalam proses pembelajaran instrument pianika pada siswa kelas VII
SMP Swasta Methodist 9.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest – only control design.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling), sehingga yang
menjadi sampel adalah kelas VII-1 yang diberikan akan diberi perlakuan sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII-2 yang menjadi kelas kontrol yang masing – masing
berjumlah 33 orang.
Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 75 dengan SD= 12.11 dan kelas
kontrol = 71.81dengan SD= 9.42. Maka harga ttabel pada uji satu pihak sebesar 1,669.
Karena harga thitung lebih besar dari harga ttabel 1,71 > 1,669 atau jatuh pada daerah
penerimaan a H , maka a H diterima dan o H ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan memainkan
alat musik pianika pada SMP Swasta Methodist 9
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 02:27 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23899 |