Siahaan, Sahat Maruli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII-I SMP YP PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123140067 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 2123140067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (493kB) | Preview
3. NIM. 2123140067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4. NIM. 2123140067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
5. NIM. 2123140067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 2123140067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
7. NIM. 2123140067 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
8. NIM. 2123140067 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
9. NIM. 2123140067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
13. NIM. 2123140067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
14. NIM. 2123140067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada lagu
nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun Pelajaran
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah True eksperimen dengan desain Pretest-
Psottest Kontrol Group Design.. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas
VIII semester genap yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan
dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII-I sebagai
kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share yang berjumlah
30 orang dan kelas VIII-II sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran
konvensional yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan 4 pilihan
jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk
pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji
normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan post test dan analisis data didapatkan nilai rata-rata pada
kelompok eksperimen 78,26 dari dan nilai rata-rata kelompok kontrol 66. Dari
hasil pengujian hipotesis, ternyata hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian
hipotesis dalam penelitian menggunakan uji hipotesis dengan t-tes dua pihak dan
dari perhitungan statistiknya diperoleh nilai thitung = 4,60 selanjutnya harga thitung
tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh
ttabel = 2,0 maka thitung ≥ ttabel atau - thitung ≤ - ttabel yaitu 4,60 ≥ 2,0 atau -4,60 ≤ -2,0.
Maka hasil pengujian hipotesis adalah Ho ditolak dan Ha diterima
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis,
simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan
model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar yang diperoleh
siswa pada lagu nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun
Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 004 |
Keywords: | True Eksperiment, Think Pair Share, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 01:56 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23897 |