Dhiyanira, Dinda (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 106788 PURWODADI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111008_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1131111008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
3. NIM. 1131111008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 1131111008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM. 1131111008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 1131111008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1131111008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1131111008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 1131111008_BAB I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 1131111008_BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 1131111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa kelas V SD negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Bertanya Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 37 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 37 siswa ditentukaan dengan teknik total sampling. Hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,696 dengan rtabel = 0,334 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,696 > 0,334 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, keterampilan bertanya guru memiliki hubungan dengan minat belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa digunakan rumus uji t. dari uji tersebut diperoleh thitung = 5,734 dengan ttabel = 2,030 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 5,734 > 2,030 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Hasil analisis data bahwa hipotesis menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang” dapat diterima. Semakin tinggi keterampilan bertanya guru maka semakin tinggi minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 025 |
Keywords: | Keterampilan bertanya guru; Minat belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:48 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23896 |