Siregar, Winni Parlina (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5121144009 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5121144009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
3. NIM. 5121144009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
4. NIM. 5121144009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
5. NIM. 5121144009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5121144009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 5121144009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5121144009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5121144009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 5121144009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. NIM. 5121144009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual yang diajar dengan menggunakan modul siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual yang diajar dengan pembelajaran konvensional siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual di kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menggunakan pembelajaran dengan modul sebanyak 36 orang siswa sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional sebanyak 36 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes pilihan berganda untuk melihat hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual. Analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dan homogenitas. Dari uji normalitas pretes eksperimen diperoleh L_o=0,0929. Uji normalitas postes eksperimen diperoleh L_o=0,1131. Uji normalitas pretes kontrol diperoleh L_o=0,1102. Uji normalitas postes kontrol diperoleh L_o=0,1149. Dari tabel diperoleh L_tabel=0,1477 dengan n = 36 dan α=0,05. Karena L_o<L_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas pretes diperoleh F_hitung=1,44. Uji homogenitas postes diperoleh F_hitung=1,07. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual dengan menggunakan modul berada pada kategori tinggi. Hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual dengan menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar dasar kecantikan kulit pada materi perawatan kulit wajah secara manual di kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik yaitu diperoleh t_hitung=5,65 dan t_(1-1/2 α)=1,99 dengan α = 0,05 dan dk = 70 sehingga sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 5,65>1,99.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 029 |
Keywords: | Penggunaan modul; Mata pelajaran dasar kecantikan kulit; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 09:23 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 09:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23872 |