Ikhsan, Muhammad (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN PENGGUNAAN MODUL DAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122023 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
02. NIM 5123122023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
03. NIM 5123122023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
04. NIM 5123122023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
05. NIM 5123122023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
06. NIM 5123122023 TABLE.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
07. NIM 5123122023 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
08. NIM 5123122023 APENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
09. NIM 5123122023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13. NIM 5123122023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 5123122023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan modul dan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posstest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 24 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan modul, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran tutor sebaya. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan modul dengan model pembelajaran tutotr sebaya pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK PAB 12 Saentis. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,579 > 1,679 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 014 |
Keywords: | Modul; Model pembelajaran tutor sebaya; Hasil belajar; Menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 03:26 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23864 |