Berutu, Feisal Alfredi (2017) HUBUNGAN PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM KERJA DAN MOTIVASI KERJA GURU DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMA KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136132015 COVER.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
2. NIM 8136132015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM 8136132015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4. NIM 8136132015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
5. NIM 8136132015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 8136132015 TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 8136132015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM 8136132015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
9. NIM 8136132015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
13. NIM 8136132015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
14. NIM 8136132015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru tentang supervisi akademik dengan kepuasan kerja guru, (2) Apakah terdapat hubungan yang positif antara iklim kerja dengan kepuasan kerja guru, (3) Apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru, (4) Apakah terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru tentang supervisi akademik, iklim kerja, motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional dengan sampel penelitian sebanyak 101 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan rumus proporsional random sampling dengan memperhatikan proporsi populasi. Instrumen penelitian menggunakan angket. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana, korelasi ganda, dan korelasi parsial pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru tentang supervisi akademik dengan kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,313 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 21,86%, (2) terdapat hubungan yang positif antara iklim kerja dengan kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi r = 0,226 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 60,49%, (3) terdapat hubungan yang positif antara motivasi kerja guru dengan kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,216 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 17,37%, (4) terdapat hubungan yang positif antara persepsi guru tentang supervisi akademik, iklim kerja, motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru dengan koefisien korelasi sebesar R = 0,800 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 99,72%. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada Kepala Sekolah untuk selalu menggerakkan, mengarahkan, dan mendorong guru agar bekerja sesuai tujuan sekolah, dan kepada Guru meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dalam menjalankan proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Ber h |
Keywords: | Kerja guru; Supervisi akademik; Iklim kerja; Motivasi kerja |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 06 Apr 2017 02:57 |
Last Modified: | 06 Apr 2017 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23846 |