PENILAIAN AUTENTIK

Sani, Ridwan Abdullah (2016) PENILAIAN AUTENTIK. Bumi Aksara, Jakarta. ISBN 978-602-217-577-3

[thumbnail of Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview

Abstract

Buku ini membahas tentang penilaian autentik yang seharusnya digunakan dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Penilaian yang dibahas mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Jenis penilaian autentik yang dibahas secara mendalam adalah: penilaian diri, penilaiai sikap menggunakan lembar observasi, penilaian praktik, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Beberapa contoh instrumen penilaian diberikan untuk mempermudah guru dalam mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Pembahasan tentang analisis soal pilihan berganda juga dipaparkan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian, dan juga bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membuat soal pilihan ganda yang berkualitas. Buku ini juga membahas tentang beberapa taksonomi yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk memberikan dasar dalam penyusunan kisi-kisi dan instrumen penilaian yang relevan untuk domain afektif, kognitif, dan psikomotor. Kajian ini dapat digunakan untuk penilaian dalam implementasi KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum berbasis kompetensi.

Item Type: Book
Keywords: Penilaian sikap; Penilaian keterampilan; Penilaian diri; Keterampilan proses; Kurikulum berbasis kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:37
Last Modified: 30 Mar 2017 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23839

Actions (login required)

View Item
View Item