Sani, Ridwan Abdullah (2016) PENILAIAN AUTENTIK. Bumi Aksara, Jakarta. ISBN 978-602-217-577-3
Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
Abstract
Buku ini membahas tentang penilaian autentik yang seharusnya digunakan dalam implementasi kurikulum berbasis kompetensi. Penilaian yang dibahas mencakup penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. Jenis penilaian autentik yang dibahas secara mendalam adalah: penilaian diri, penilaiai sikap menggunakan lembar observasi, penilaian praktik, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Beberapa contoh instrumen penilaian diberikan untuk mempermudah guru dalam mengembangkan instrumen penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Pembahasan tentang analisis soal pilihan berganda juga dipaparkan untuk membantu mahasiswa dalam melakukan penelitian, dan juga bagi guru dalam meningkatkan kemampuan membuat soal pilihan ganda yang berkualitas. Buku ini juga membahas tentang beberapa taksonomi yang digunakan dalam bidang pendidikan untuk memberikan dasar dalam penyusunan kisi-kisi dan instrumen penilaian yang relevan untuk domain afektif, kognitif, dan psikomotor. Kajian ini dapat digunakan untuk penilaian dalam implementasi KTSP 2006 dan Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum berbasis kompetensi.
Item Type: | Book |
---|---|
Keywords: | Penilaian sikap; Penilaian keterampilan; Penilaian diri; Keterampilan proses; Kurikulum berbasis kompetensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 03:37 |
Last Modified: | 30 Mar 2017 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23839 |