Riris (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SWASTA DR WAHIDIN SUDIROHUSODO. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146122035 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM 8146122035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
3. NIM 8146122035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8146122035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM 8146122035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 8146122035 TABLES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7. NIM 8146122035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM 8146122035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8146122035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
13. NIM 8146122035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
14. NIM 8146122035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Picture and Picture lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung; (2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah; (3) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD Swasta Dr Wahidin Sudirohusodo yang berjumlah 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah tiap kelas 40 siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar matematika dan angket kecerdasan visual-spasial. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Picture and Picture dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan strategi pembelajaran Langsung dengan Fhitung ˃ Ftabel (7,20 ˃ 3,12); (2) terhadap perbedaan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial tinggi dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki kecerdasan visual-spasial rendah dengan Fhitung ˃ Ftabel (477,40 ˃ 3,12); dan (3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika dengan Fhitung ˃ Ftabel (6,16 ˃ 3,12). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Selain itu perlu ditingkatkan kecerdasan visual-spasial siswa dalam pembelajaran matematika di kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Rir p |
Keywords: | Matematika; Belajar; Strategi pembelajaran; Pembelajaran langsung; Visual-spasial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 04:19 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23832 |