PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI MANAJERIAL, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN KEBIDANAN PTS SUMATERA UTARA

Aktar, Salim (2017) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI MANAJERIAL, KOMUNIKASI ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN KEBIDANAN PTS SUMATERA UTARA. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8126113011 COVER.pdf]
Preview
Text
8126113011 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 8126113011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
8126113011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 8126113011 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8126113011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 8126113011 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8126113011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: ( 1) budaya organisasi terhadap motivasi kerja; (2) kompetensi manajerial terhadap motivasi kerja: (3) komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja: ( 4) motivasi kerja terhadap kinerja dosen: (5) budaya organisasi tcrhadap kinerja dosen; (6) kompetensi manajerial terhadap kinerja dosen: dan (7) komunikasi organisasi terhadap kinerja dosen. Subjek penelitian adalah dosen Program Studi Kebidanan PTS Sumatera Utara, dengan jumlah sampel sebanyak 172 responden. Alat ukur instrumen yang dipergunakan dalam pengamhilan data budaya organisasi, kompetensi manajerial. komunikasi organisasi dan motivasi kerja menggunakan angket berskala likert. Untuk data kinerja menggunakan observasi langsung kepada dosen Program Studi Kebidanan PTS Sumatera Utara. Sebelum
instrumen penelitian (dalam hal ini alat instrumen angket) dipakai untuk mengumpulkan data penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan
uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk perhitungan uji validitas angket digunakan rumus product momen. dan untuk uji reliabilitas angket digunakan rumus alpha. lnstrumen angket budaya organisasi diperoleh koefisien reliabilitasnya sebesar 0.921. kompetensi manajerial sebesar 0.904, komunikasi organisasi sebesar 0,921 dan motivasi kerja sebesar 0.909. Dengan demikian instrument
angket tersebut termasuk dalam angket berkategori sangat tinggi. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini, digunakan teknik korelasi dan koefesien jalur. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung dan berarti antara: (1) budaya organisasi terhadap motivasi kerja, besar koefisien jalur P41 = 0,175, dan besar thitung > ttabel (2,406 > 1,960); (2) kompetensi manajerial terhadap motivasi kerja besar koefisien jalur P42 = 0,180, dan besar thitung > ttabel (2,478 > 1,960); (3) komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja koefisien jalur P43 = 0,217, dan besar thitung > ttabel (2,986 > 1,960); (4) motivasi kerja terhadap kinerja dosen besar koefisien jalur P54 = 0,149, dan besat thitung > ttabel (1,991 > 1,960); (5) budaya organisasi terhadap kinerja dosen besar koefisien jalur P51 = 0,222, dan besar thitung > ttabel (3,093 > 1,960); (6) kompetensi manajerial terhadap kinerja dosen besar koefisien jalur P52 = 0,156, dan besar thitung > ttabel (2,175 > 1,960); dan (7) komunikasi organisasi terhadap kinerja dosen besar koefisien jalur P53 = 0,181, dan besar thitung > ttabel (2,508 > 1,960).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 372.068 Akt p
Keywords: Kinerja dosen; Motivasi kerja; Budaya organisasi; Kompetensi manajerial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Mar 2017 03:54
Last Modified: 24 Mar 2017 03:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23828

Actions (login required)

View Item
View Item