Silaban, Yohanes Arion (2017) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB) PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5103111040 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. 5103111040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. 5103111040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. 5103111040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. 5103111040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 5103111040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. 5103111040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
8. 5103111040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. 5103111040 BAB I.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
13. 5103111040 BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. 5103111040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kecerdasan Logis Matematis dan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (RAB) pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Lintongnihuta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah responden 22 orang. Data penelitian variabel Kecerdasan Logis Matematis (X1) dan Hasil Belajar Rencana Anggaran Biaya (Y) dijaring dengan tes, sedangkan Konsep Diri (X2) dijaring dengan angket. Berdasarkan uji coba instrumen didapat hasil : (1) variabel kecerdasan logis matematis (X1) 30 soal valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,880 pada taraf signifikansi 5%. (2) variabel konsep diri (X2) 36 soal yang valid, reliabilitas yang sangat tinggi sebesar 0,929 pada taraf signifikansi 5%. (3) variabel hasil belajar rencana anggaran biaya (Y) 34 soal yang valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,885 pada taraf signifikansi 5%. Uji normalitas dengan chi-kuadrat masing-masing variabel penelitian didapat hasil sebagai berikut : (1) variabel kecerdasan logis matematis (X1) yaitu χ²hit = 8,328 < χ²tab = 11,1 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (2) konsep diri (X2) yaitu χ²hit = 9,780 < χ²tab = 11,1 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. (3) variabel hasil belajar rencana anggaran biaya (Y) yaitu χ²hit = 3,210 < χ²tab = 11,1 berdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Hasil uji masing-masing variabel penelitian didapat hasil : (1) persamaan regresi sederhana Y atas X1 yaitu Ŷ = 9,727 + 0,612X1, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X1 yaitu Fhit = 0,565 < Ftab = 2,97 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. (2) persamaan regresi sederhana Y atas X2 yaitu Ŷ = 9,389 + 0,297X2, uji kelinieran persamaan regresi Y atas X2 yaitu Fhit = 2,62 < Ftab = 4,62 mempunyai hubungan yang linier dan berarti pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis korelasi antar variabel didapat hasil : (1) variabel kecerdasan logis matematis (X¬1) dengan hasil belajar rencana anggaran biaya (Y) yaitu rhit = 0,551 > rtab = 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti. (2) konsep diri (X2) dengan hasil rencana anggaran biaya (Y) yaitu rhit = 0,602 > rtab 0,423 menunjukkan korelasi positif dan berarti pada taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan logis matematis (X1) dengan hasil belajar rencana anggaran biaya (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara konsep diri (X2) dengan hasil belajar rencana anggaran biaya (Y). Terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara kecerdasan logis matematis (X1) dan konsep diri (X2) dengan hasil belajar rencana anggaran biaya (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 021 |
Keywords: | Hasil belajar; Rencana anggaran biaya; Kecerdasan logis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 08:20 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23808 |