Damanik, Hawati (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS V SD NEGERI 163092 DAN SD NEGERI 163083 KECAMATAN TEBINGTINGGI KOTA KOTA TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146182015 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM 8146182015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
3. NIM 8146182015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4. NIM 8146182015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 8146182015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 8146182015 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM 8146182015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM 8146182015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
12. NIM 8146182015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM 8146182015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Rancangan guru tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter, (2) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam mengembangkan nilai-nilai karakter siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru-guru kelas V, Pembina Pramuka, dan Kepala Sekolah. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun tahapan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil pelitian ini menunjukkan bahwa dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pendidikan karakter di kelas V SD Negeri 163092 dan SD Negeri 163083 Kota Tebingtinggi, guru terlebih dahulu mengelompokkan kompetensi yang akan dicapai setelah proses pembelajaran yaitu dengan menyusun silabus, mengembangkan materi standar dengan mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memasukkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Karakter yang akan dikembangkan dalam silabus, dan RPP diletakkan pada bagian “karakter siswa yang diharapkan.” Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dimulai dari kegiatan pendahuluan hingga kegiatan penutup dijumpai penanaman karakter religius, santun, semangat kebangsaan, sikap mandiri, tanggung jawab, percaya diri dan kerjasama. Kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, olympiade dan seni tari dapat membentuk karakter keberanian, kerja sama, membentuk jiwa kepemimpinan, melatih siswa untuk bersikap mandiri dan kreatif. Berdasarkan hasil pengamatan observasi tentang karakter siswa yang dilakukan selama proses pembelajaran di SD Negeri 163092 Kecamatan Tebingtinggi Kota, pada pelajaran IPS pertemuan pertama diperoleh hasil sudah Mulai Berkembang. Pada pertemuan kedua juga diperoleh hasil Mulai Berkembang. Pada pelajaran Bahasa Indonesia di pertemuan pertama diperoleh hasil sudah Mulai Berkembang dan pada pertemuan kedua diperoleh hasil sudah mulai berkembang. Sedangkan di SD Negeri 163083 pada pelajaran IPS dipertemuan pertama diperoleh hasil masih Mulai Terlihat dan pertemuan kedua diperoleh hasil masih Mulai Terlihat. Pada pelajaran Bahasa Indonesia dipertemuan pertama diperoleh sudah Mulai Berkembang dan pada pertemuan kedua diperoleh hasil sudah Mulai Berkembang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.241 Dam i |
Keywords: | Implementasi; Pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 08:24 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23779 |