Tamba, Omser (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA KELAS XI TPTL DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5122131008 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM. 5122131008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
3. NIM. 5122131008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 5122131008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 5122131008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM. 5122131008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. NIM. 5122131008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
11. NIM. 5122131008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
12. NIM. 5122131008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan di sekolah dengan cara yang monoton pada
dasarnya menimbulkan kebosanan bagi siswa secara umum. Siswa perlu dilibatkan
secara aktif dalam proses belajar mengajar untuk mengasah kemampuan belajar serta
melatih rasa tanggung jawab dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbandingan model pembelajaran probing promting dengan model
pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar instalasi tenaga listrik
pada siswa kelas XI TPTL SMK Negeri 2 Medan.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, dimana dalam
pelaksanaannya melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen 1 dan
kelompok Eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model
pembelajaran probing promting, sedangkan pada kelas Eksperimen 2 siswa diberikan
perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Kedua kelompok
dalam penelitian ini merupakan kelompok yang homogen dimana tidak ada
perbedaan secara khusus. Penentuan kelas dilakukan denggan menggunakan metode
claster sampling, dan kelas eksperimen 1 adalah kelas XI TPTL 1 dengan jumlah
siswa 29 orang dan kelas Eksperimen 2 adalah kelas XI TPTL 2 dengan jumlah
siswa 29 orang. Jadi, total siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 58 orang.
Berdasarkan analisi data pada instalasi tenaga listrik, terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran probing
promting dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil pengujian
hipotesis. Dimana pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t, dengan taraf
signifikan 5%. Harga thitung didapatkan sebesar 9.745 dan data tabel diketahui 1.672.
Maka, kriteria pengujian data diperoleh thitung > ttabel yaitu 9.745 > 1,672 artinya Ha
diterima yang berarti terdapat perbandingan hasil belajar instalasi tenaga listrik yang
menggunakan model pembelajaran probing promting dengan yang menggunakan
model pembelajaran problem Based Learning Kelas XI TPTL SMK Negeri 2 Medan
Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELEK 013 |
Keywords: | Hasil Belajar, Instalasi Listrik, Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 04:02 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23683 |