Sitorus, Jonter Pandapotan (2010) EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
cover.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Lembar PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan memahami wacana argumentasi siswa yang dibimbing dengan Teknik Membaca Formula 5S lebih baik dari teknik Kerja Kelompok pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektivan teknik membaca Formula 5S dalam pembelajaran wacana argumentasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 7 (tujuh) kelas yang berjumlah 274 orang. Dari populasi tersebut dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan memahami wacana argumentasi. Instrumen tes telah diujicobakan sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only control group design. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik membaca Formula 5S sebesar 75,75 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik kerja kelompok adalah 66,25. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga t hitung sebesar 4,17 pada α = 0,05 dan dari tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 sebesar 1,684 sehingga thitung >ttabel. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar memahami wacana argumentasi dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan teknik kerja kelompok.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam memahami wacana argumentasi dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dalam memahami wacana argumentasi dengan teknik kerja kelompok
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Membaca,Hakikat Wacana,Kerja Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 08:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23679 |