Warso, Ratih Danu (2017) PENGEMBANGAN E-LEAARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI DI SMK NEGERI 2 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN,PERSETUJUAN, PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Studi ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dan efektif, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahap yaitu : studi literatur, perencanaan, atau desain, pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi mesin konversi energi, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga siswa untuk uji perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kesil dan lima puluh delapan siswa untuk uji coba lapangan. Data kualitas produk pengembagan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji materi mesin konversi energi berada pada kualifikasi sangat baik (93,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88,55%), (3) uji rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,96%). Dari hasil efektifitas produk pemebelajaran media e-learning menggunakan schoology yaitu rata-rata nilai siswa sebesar 80,46% dibandingkan dengan siswa tidak menggunakan media e-learning menggunakan schoology sebesar 71,71%. Disimpulkan macromedia flash mesin konversi energi berbasis schoology layak digunakan dan efektif bagi siswa dan guru karena rata-rata uji coba produk mencapai 93,25% dalam kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 War p |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Mesin konversi energi; Teknologi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 07:13 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 07:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23677 |