Ayuningtyas, Tri Andini (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI LATIHAN TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PADA ARTIKEL SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi latihan terhadap
peningkatan kemampuan menemukan ide pokok pada artikel siswa kelas XII SMA Negeri 1
Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang dari 316 populasi yang ada. Sampel tersebut
akan dibagi menjadi dua kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol
dikenai perlakuan strtategi konvensional, sedangkan kelas eksperimen dikenai perlakuan
strategi latihan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan
desain penelitian two group post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay, yaitu
menemukan ide pokok pada artikel.
Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 71,38, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah
81,38. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi
daripada kelas kontrol.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,73 pada
taraf signifikansi α = 5% dari daftar distribusi t dk (n-1) = 36 – 1 = 35, maka diperoleh ttabel =
2,00. Jadi, thitung > ttabel = 5,73 > 2,00. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya
penggunaan Strategi Latihan berpengaruh positif digunakan dalam meningkatkan
kemampuan menemukan ide pokok.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Strategi Latihan berpengaruh
positif digunakan dalam meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok pada artikel siswa
kelas XII SMA Negeri 1 Perbaungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2011 IND |
Keywords: | Strategi Latihan,Menentukan Ide Pokok,Artikel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 10 Mar 2017 02:50 |
Last Modified: | 10 Mar 2017 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23674 |