Situmeang, Nengsi Sumiati (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK SAJIAN POSTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PEMATANG SIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
DAFTAR ISI I.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
DAFTAR GANBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik Sajian Poster
terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1
Pematang Siantar tahun pembelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematang Siantar sebanyak 400
orang. Sampel diambil sebanyak 80 orang dari dua kelas, 40 orang untuk kelas
eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen,
yaitu untuk mengetahui efektif tidaknya teknik yang digunakan. Alat
pengumpulan data adalah tes tertulis dalam bentuk penugasan yaitu menulis cerita
pendek.
Hasil belajar dengan menggunakan teknik Sajian Poster berada dalam
kategori baik dengan nilai rata-rata 70,8. Jika dibandingkan dengan pembelajaran
dengan menggunakan teknik ekspositori, nilai rata-ratanya 60,48 dan dalam
kategori cukup.
Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji ”t”.
Selanjutnya, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 3,0 dan ttabel
pada taraf signifikan 5 %: ts = 1,992 dan pada taraf signifikan 1%: ts = 2,608,
dengan db = 80-2 = 78, dipergunakan db yang paling dekat dengan 78. Hipotesis
lebih efektif apabila ts<to>ts yaitu 1,992<3,0>2,608, atau hipotesis diterima yang
menyatakan teknik Sajian Poster lebih efektif digunakan untuk meningkatkan
kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas X SMA Negeri 1 Pematang
Siantar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2011 IND |
Keywords: | Teknik Pembelajaran,Poster Session,Menulis Cerpen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 08:25 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 08:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23666 |