Simatupang,, Mutiara (2011) HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
3. bstrak.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4. kata pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
12. BAB V.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat baca cerpen anak
dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa kelas V SD Swasta Setia
Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Masalah dalam
penelitian ini adalah minat baca cerpen anak, kemampuan siswa mengarang
cerpen, dan hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan siswa
mengarang cerpen. Kemampuan mengarang cerpen dibatasi pada cerpen anak yang
bertemakan pendidikan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi
Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang.
Sampel penelitian dengan teknik total sampling, yakni keseluruhan populasi
dijadikan sampel penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
korelasional, yaitu cara atau tekhnik penelitian yang mengungkapkan fakta
yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek
penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan tes bentuk
penugasan.
Setelah membahas permasalahan-permasalahan yang diteliti, diperoleh
kesimpulan bahwa minat baca cerpen anak oleh siswa kelas V SD Swasta Setia
Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah cukup dengan
skor rata-rata 54,73 dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita
pendek (cerpen) siswa cukup dengan skor rata-rata 60,67, dan tingkat kemampuan
60,67%. Selanjutnya ada hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan
mengarang cerita pendek oleh siswa SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan
Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan statistik
uji korelasi r product moment diperoleh nilai rxy = 0,604 dan nilai korelasi tersebut
signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya yaitu 0,604 >
0,361(0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan
kemampuan siswa mengarang cerpen diperlukan pemahaman guru tentang
pentingnya minat baca cerpen. Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan guru
maupun pihak sekolah setempat dengan menyediakan cerpen anak di sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2011 IND |
Keywords: | Cerpen Anak,Menulis,Mengarang |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:57 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 07:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23659 |