HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Simatupang,, Mutiara (2011) HUBUNGAN MINAT BACA CERPEN ANAK DENGAN KEMAMPUAN MENGARANG CERITA PENDEK OLEH SISWA KELAS V SD SWASTA SETIA BUDI KECAMATAN PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 3. bstrak.pdf]
Preview
Text
3. bstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4. kata pengantar.pdf]
Preview
Text
4. kata pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. BAB I.pdf]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 12. BAB V.pdf]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan minat baca cerpen anak
dengan kemampuan mengarang cerita pendek oleh siswa kelas V SD Swasta Setia
Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Masalah dalam
penelitian ini adalah minat baca cerpen anak, kemampuan siswa mengarang
cerpen, dan hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan siswa
mengarang cerpen. Kemampuan mengarang cerpen dibatasi pada cerpen anak yang
bertemakan pendidikan.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Setia Budi
Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang.
Sampel penelitian dengan teknik total sampling, yakni keseluruhan populasi
dijadikan sampel penelitian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
korelasional, yaitu cara atau tekhnik penelitian yang mengungkapkan fakta
yang jelas tentang gejala-gejala serta hubungan yang ada pada suatu objek
penelitian. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan tes bentuk
penugasan.
Setelah membahas permasalahan-permasalahan yang diteliti, diperoleh
kesimpulan bahwa minat baca cerpen anak oleh siswa kelas V SD Swasta Setia
Budi Kecamatan Perbaungan Tahun Pembelajaran 2010/2011 adalah cukup dengan
skor rata-rata 54,73 dengan tingkat membaca cukup. Kemampuan mengarang cerita
pendek (cerpen) siswa cukup dengan skor rata-rata 60,67, dan tingkat kemampuan
60,67%. Selanjutnya ada hubungan minat baca cerpen anak dengan kemampuan
mengarang cerita pendek oleh siswa SD Swasta Setia Budi Kecamatan Perbaungan
Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini diperkuat dari hasil perhitungan statistik
uji korelasi r product moment diperoleh nilai rxy = 0,604 dan nilai korelasi tersebut
signifikan setelah diuji dengan membandingkan nilai kritisnya yaitu 0,604 >
0,361(0,05).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan
kemampuan siswa mengarang cerpen diperlukan pemahaman guru tentang
pentingnya minat baca cerpen. Upaya-upaya tersebut perlu dilakukan guru
maupun pihak sekolah setempat dengan menyediakan cerpen anak di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2011 IND
Keywords: Cerpen Anak,Menulis,Mengarang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 07:57
Last Modified: 09 Mar 2017 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23659

Actions (login required)

View Item
View Item