Barimbing,, Moppo Paremean (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK MEMBACA FORMULA 5S UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA BERTOPIK SAMA SISWA KELAS VII SMP SWASTA TRI SAKTI II MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
kata pengantar.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
daft lampiran.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
Paftar Pustaka Hal 70-71.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah apakah kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama siswa yang dibimbing dengan Teknik Membaca Formula 5S lebih baik dari teknik pendekatan tradisional pada siswa kelas VII SMP Tri Sakti II Medan tahun pembelajaran 2010/2011. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas teknik membaca Formula 5S dalam pembelajaran menemukan masalah utama berita bertopik sama oleh siswa kelas VII SMP Swasta Tri Sakti II Medan tahun pembelajaran 2010/2011.
Populasi penelitan ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Tri Sakti II Medan yang berjumlah 162 orang. Dari populasi tersebut dengan pengontrolan yang ketat diambil sampel sebanyak 40 siswa yang dibagi menjadi 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 sebagai kelas kontrol. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menemukan masalah utama berita bertopik sama. Instrumen tes telah diujicobakan sehingga diketahui validitas, reabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan post-test only group design. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik membaca Formula 5S sebesar 75,50 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar dengan teknik pendekatan tradisional adalah 64,75. Dari perhitungan statistik “t” diperoleh harga thitung sebesar 5,22 pada α = 0,05 dan dari tabel “t” pada daftar tabel untuk α = 0,05 sebesar 2,02 sehingga thitung > ttabel. Hasil hipotesis menunjukan bahwa hasil belajar menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan teknik pendekatan tradisional.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menemukan masalah utama berita bertopik sama dengan teknik membaca Formula 5S lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dalam menemukan masalah utama dengan menggunakan teknik pendekatan tradisional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2011 IND |
Keywords: | Membaca,Pendekatan Tradisional,Berita Bertopik Sama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4699 Journalism. The periodical press, etc. |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:46 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23658 |