Yulita, Mira (2011) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN MARELAN TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran berdasarkan masalah
(Problem Based Instruction) dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada
siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011.
Sehubungan dengan itu masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah
kemampuan menulis puisi siswa yang mengikuti pembelajaran berdasarkan
masalah, kemampuan menulis puisi siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional, dan efektifitas pembelajaran berdasarkan masalah dalam
meningkatkan kemampuan menulis puisi.
Populasi penelitian ini adalah 176 orang dan sampel penelitian ditetapkan sebanyak
40% dari jumlah populasi yang ada. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik acak sampling kelas. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua
kelompok, yaitu 35 siswa yang mengikuti pembelajaran berdasarkan masalah, dan
35 siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara
atau teknik yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses gejala-gejala yang
ada pada suatu objek penelitian. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes
bentuk penugasan.
Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan menulis
puisi yang menggunakan strategi pembelajaran berdasarkan masalah (Problem
Based Instruction) pada siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan adalah
baik dengan nilai rata-rata 75,14. Kemampuan menulis puisi yang menggunakan
strategi pembelajaran konvensional cukup dengan nilai rata-rata 64,57. Selanjutnya
karena nilai kemampuan menulis puisi yang mengikuti pembelajaran berdasarkan
masalah lebih baik dari pada yang mengikuti pembelajaran konvensional,
bermakna bahwa strategi pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based
Instruction) efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi
siswa. Untuk itu dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa, perlunya
guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat menerapkan pembelajaran
berdasarkan masalah kepada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2011 IND |
Keywords: | Puisi,Menulis,Pembelajaran Berdasarkan Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:33 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23657 |