Hastri, Ditha (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR PERAWATAN KULIT WAJAH TIDAK BERMASALAH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113344006 - COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
2. NIM 5113344006 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 5113344006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 5113344006- PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 5113344006- TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6. NIM 5113344006- TABLES.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7. NIM 5113344006- ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM 5113344006- APPENDICS.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. NIM 5113344006- CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM 5113344006 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM 5113344006 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh model
pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa kelas X Tata Rias pada mata
pelajaran Perawatan Kulit Wajah Tidak Bermasalah yang dilakukan di SMK
Negeri 1 Beringin pada Tahun Ajaran 2016/2017.Populasi Penelitian adalah
seluruh kelas X tata rias di SMK Negeri 1 Beringin yang berjumlah 64 orang
siswa. Terdiri dari kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas eksperimen
sebanyak 32 siswa.
Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes dalam bentuk
pilihan berganda yang terdiri dari 45 butir soal dimana jawaban yang benar
diberi skor 1 dan salah diberi skor 0, dianalisis dengan uji t pada taraf
signifikansi 5%.Setelah data dianalisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan
hasil belajar siswa dari 32 orang siswa kelas yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional menunjukkan rata-rata hasil yaitu sebesar 31,22.
Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS
yaitu 35,19.
Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa sebaran data hasil
belajar perawatan kulit wajah tidak bermasalah yang diajar dengan model
pembelajaran konvensional berdistribusi normal dimana Lhitung < Ltabel (0,143
< 0,157) dan kedua varians data adalah homogen Fhitung < F tabel ( 1,017 <
1,82) . Dapat disimpulkan bahwa, hasil belajar dengan model pembelajaran
ARIAS lebih baik jika dibandingkan model pembelajaran konvensional
dimana hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel = 2,75 > 1,67
maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas
penggunaan Model Pembelajaran ARIAS terhadap Hasil Belajar Perawatan
Kulit Wajah Tidak Bermasalah Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Beringin
Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 RIAS 026 |
Keywords: | Model Pembelajaran ARIAS, Perawatan Kulit Wajah Tidak Bermasalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 06:53 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23654 |