Nugraha, Suryad (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI FORMAT SWF TERHADAP HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5122122009 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
2. NIM 5122122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM 5122122009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4. NIM 5122122009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM 5122122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM 5122122009 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM 5122122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 5122122009 APPENDICESS.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 5122122009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
14. NIM 5122122009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
15. NIM 5122122009 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Format SWF dengan tanpa media pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Mesin Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 2 Percut Sei tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan Kelas X TKR1 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 20 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan Media Video Animasi Format SWF, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan media. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan Media Video Animasi Format SWF dengan tanpa media pada mata pelajaran Memahami Dasar-Dasar Mesin Siswa Kelas X SMK Swasta Bandung 2 Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,43 > 2,026 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi format SWF terhadap hasil belajar memahami dasar-dasar mesin siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Swasta Bandung 2 percut sei tuan tahun ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 008 |
Keywords: | Media pembelajaran, animasi, video, hasil belajar, mesin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ268 Steam engineering > TJ603 Locomotives |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 03:57 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23643 |