PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN MODEL SINEKTIK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI I SIMPANG EMPAT ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Yusnita, Erni (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN MODEL SINEKTIK OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI I SIMPANG EMPAT ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. abstrak.pdf]
Preview
Text
2. abstrak.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 3. kata PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. kata PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB I.pdf]
Preview
Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of A=BAB V.pdf]
Preview
Text
A=BAB V.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 11. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menulis karangan
deskripsi rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan menulis deskripsi pada siswa kelas X6 SMA Negeri I Simpang Empat
Asahan tahun pembelajaran 2009/2010 dengan model sinektik. Sasaran dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X6 SMA Negeri I Simpang Empat Asahan yang berjumlah
30 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research)
dengan desain penelitian Suhardjono. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
pertama, lembar observasi yang merupakan alat untuk mengamati seluruh kegiatan proses
serta pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan model sinektik serta perubahan
yang terjadi pada saat berlangsungnya tindakan. Kedua, tes kemampuan menulis
karangan deskripsi dalam bentuk tes essay.
Sebelum melaksanakan siklus I, dilakukan tes awal terlebih dahulu. Pada tes awal
diperoleh skor rata-rata 57,3 atau Persentase Penilaian Hasil (PPH) sebesar 57,3%.
Langkah berikutnya melaksanakan tindakan dengan dua siklus. Pada siklus I
menghasilkan nilai rata-rata 71,5 atau Persentase Penilaian Hasil (PPH) sebesar 71,5%.
Lebih tinggi dari tes awal, tetapi belum memenuhi target pelaksanaan tindakan. Di dalam
lembar observasi pun juga masih terdapat skor dua yakni pada tahap pendahuluan (guru
menyampaikan semua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai pada sub pokok bahasan
menulis karangan deskripsi, Guru memberikan arahan motivasi kepada siswa agar aktif
dalam pembelajaran, dan Guru menyajikan materi tentang menulis karangan deskripsi),
kegiatan inti (guru mengarahkan siswa dalam menerapkan model sinektik, guru
mengamati kegiatan siswa menulis karangan deskripsi) dengan kategoori sedang. Untuk
mencapai hasil belajar yang lebih baik, maka dilakukan refleksi untuk tindakan
selanjutnya. Kemudian dilanjutkan siklus II dengan nilai rata-rata 82,5 atau Persentase
Penilaian Hasil (PPH) sebesar 82,5%. Di dalam lembar observasi terlihat pada
pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup mendapat skor tiga dengan kategori baik. Target
pelaksanaan tindakan adalah rata-rata 70 secara individual dan klasikal. Ini berarti terjadi
peningkatan yang sangat signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: sK-2010 ind
Keywords: Menulis,Pengertian Deskripsi,Model Sinektik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:49
Last Modified: 07 Mar 2017 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23625

Actions (login required)

View Item
View Item