EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Manurung, Enita Nirwana (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of Cover Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISi.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISi.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Enitaaa.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Enitaaa.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Problem Based
Introduction (PBI) dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas X
SMA Bintang Timur Pematang siantar Tahun Pembeajaran 2010/2011. Sampel
penelitian ini berjumlah 52 siswa dari populasi 109 siswa.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Two Group Pos-
Test Design, yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
control. Kelas eksperimen menggunakan model problem based introduction dengan
sampel 26 siswa dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan sampel
26 siswa. Alat atau instrument penelitian ini adalah penugasan.
Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik
yaitu uji “t” (Sudijono, 2009:282-285) dengan rumus
to =
M1 M2
1 2
SE
M M


dimana, taraf signifikan 5% = 2,01 dan 1% = 2,68 dengan dk = 50, karena to lebih
besar dari ttabel yaitu 2,01 < 5,53 > 2,68, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal
ini membuktikan bahwa model problem based introduction lebih efektif dibandingkan
dengan model konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel.
Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem
based introduction lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam
meningkatkan keterampilan menulis artikel siswa kelas XI SMA Bintang Timur
Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2010 IND
Keywords: Problem Based Introduction,Menulis Artikel,Artikel Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 07:31
Last Modified: 07 Mar 2017 07:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23612

Actions (login required)

View Item
View Item