Situmorang, Elfrida (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
COMPER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan Efektifitas Model Pembelajaran
Brian Gym (Senam Otak) terhadap Kemampuan Menulis Pantun. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 259 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Porsea. Sampel dalam
penelitian ini berjumlah 36 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrumen
yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji “t” dengan rumus:
y x M M
y x
S E
M M
to
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata postes kelas kontrol = 67,50
standar deviasi = 8,46 termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik
sebanyak 2 orang atau 5,6% baik 8 orang atau 22,2%, cukup sebanyak 15 orang
atau 41,7% dan kurang sebanyak 19 orang atau 52,8%. Nilai rata-rata postes kelas
eksperimen = 73.06, standar deviasi = 9,65, termasuk dalam tiga kategori, yaitu
kategori sangat baik sebanyak 11 orang atau 30.6%, baik 15 orang atau 41,7%,
cukup sebanyak 10 orang atau 27,8%.
Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan postes berdistribusi normal.
Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari
populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan,
Berdasarkan hasil uju t, diperoleh thitung = 3,18 dan harga ttabel pada dk (n1+n2-2)
= 70 dan α = 0,05 dan t = (1-α) pada n = 40 diperoleh t(0,95;78) = 1,6643. Jika
harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel yakni 3,18 >
1,6643 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Hal ini berarti pembelajaran menulis pantun dengan model pembelajaran
Brain Gym (senam otak) efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis
pantun dengan model Inkuiri oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Porsea tahun
Pembelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Pantun,Brain Gym,Senam Otak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 06:33 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23604 |