Pratiwi, Eka (2010) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
COMPER.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstrak.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model time token terhadap kemampuan berpidato oleh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan tahun pembelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain Penelitian menggunakan One Group Pre-test Post-test.
Populasi pada penelitian ini berjumlah 160 orang dengan sampel 40 orang yang hanya satu kelas saja tetapi dua kali diberi perlakuan. Yang pertama perlakuan sebelum menggunakan model time token dan kedua diberi perlakuan sesudah menggunakan model time token. Penelitian ini menggunakan rumus simpangan baku sebelum dan sesudah perlakuan, uji normalitas, uji homogenitas,dan uji beda.
Analisis data dapat ditemukan bahwa skor rata-rata sebelum menerapkan model pembelajaran model time token terhadap kemampuan berpidato 65,71 sedangkan rata-rata pembelajaran berpidato sesudah menerapkan model time token terhadapa kemampuan berpidato adalah 72,95.
Analisis pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji statistic “t”. Selanjutnya dari perhitungan uji hipotesis diperoleh harga thitung = 10,85. Harga “t” tabel pada taraf signifikansi 95% adalah 2,02. Oleh karena harga thitung > ttabel , maka hipotesis nihil (H0) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpidato siswa sebelum menggunakan model time token dengan sesudah menggunakan model time token.
Hal ini berarti bahwa Hipotesis awal (Ho) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima yaitu menyatakan bahwa ada perbedaan yang nyata dari kemampuan belajar siswa yang menggunakan model time token terhadap kemampuan berpidato. Hal ini dapat dilihat dari hasil kemampuan siswa masih rendah dan sesudah diberi perlakuan hasil kemampuan siswa meningkat dari sebelumnya.
Semoga hasil penelitian ini berguna bagi siswa, guru, dan kepala sekolah dalam upaya dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berpidato.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2010 IND |
Keywords: | Time Token,Berpidato, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 04:42 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23602 |